Dies Natalis STMIK AKAKOM ke - 35 : Steady, Advancing and Respectable

 

STMIK AKAKOM sebagai institusi pendidikan tinggi tertua di DIY dan Jateng,  Genap berusia 35 tahun atau memasuki Lustrum ke VII. Berdiri sejak 30 Juni 1979, STMIK AKAKOM terus berbenah diri untuk menjawab kebutuhan masyarakat terutama pengguna lulusan.

Dari berbagai sumber informasi, selama ini pengguna lulusan STMIK AKAKOM memberikan apresiasi yang cukup bagus akan kemampuan alumni STMIK AKAKOM di bidang pemrograman. Berbagai upaya sudah, sedang dan akan terus diupayakan untuk  membekali lulusan STMIK AKAKOM baik dari kemampuan analitis, technical skill maupun soft skill. Untuk itu, STMIK AKAKOM mengembangkan kurikulum bidang teknologi informasi yang terpadu, berbasis kompetensi dan memiliki  specific value  sehingga menghasilkan lulusan yang kompetitif.

Menjawab Kebutuhan Industri dengan D3 Vokasi

Sejak tahun ajaran 2014/2015,  Seluruh Jurusan Jenjang D3 STMIK AKAKOM di arahkan menjadi  Diploma Vokasi. Sudarmanto selaku pembantu ketua I bidang akademik menjelaskan bahwa rancangan kurikulum untuk Diploma Vokasi merujuk ke beberapa politeknik ternama di Indonesia dan akan dilengkapi dengan pengakuan sertifikasi. Kurikulum dan sistem pembelajarandirancang untuk menghasilkan programmer yang berdaya nalar kuat, kemampuan analitis yang baik, berwawasan maju dan terpadu serta “market ready”. Sedangkan sertifikasi diberikan sebagai jawaban atas problem ‘Link and Match’ antara materi pendidikan dengan kebutuhan industri.

Di rancang dengan sistem paket, mahasiswa jurusan D3 Vokasi dipastikan akan lulus tepat waktu. “Hal ini yang membedakan dengan jenjang S1 , mahasiswa di beri kesempatan untuk memperbaiki nilai melalui prosedur tertentu dan tetap dapat mengambil paket di semester berikutnya sesuai jadwal”, lanjut Sudarmanto.

Sri Redjeki, akrab dipanggil Kiki, Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menambahkan, melalui dukungan Akakom Career Center (ACC) alumni D3 Vokasi STMIK AKAKOM akan mendapatkan banyak benefit diantaranya mendapat info magang, mengikuti workshop , konseling karir dan rekrutmen langsung dari partner Industri. ACC yang memiliki misi untuk membangun SDM profesional dan memiliki value added saat ini secara konsisten menyelenggarakan Integrated Career Days setiap tahun dengan peserta perusahaan dari level Lokal hingga Multinasional. “Terbukti, bahkan dengan masa tunggu 0 Bulan , alumni STMIK AKAKOM telah direkrut oleh partner industri“ Ungkap Kiki.

Dengan berbagai keistimewaan D3 Vokasi, orang tua maupun calon mahasiswa baru tidak perlu khawatir, karena pembiayaan perkuliahan D3 Vokasi tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya . Keputusan untuk mengambil D3 Vokasi STMIK AKAKOM simplenya bisa dibilang “Worth it” apalagi  STMIK AKAKOM juga masih berkomitmen untuk memberikan free Netbook bagi seluruh mahasiswa baru jenjang D3 Vokasi.

Mantap bersama Sektor Pemerintahan dan Non Pemerintahan

Sesuai kompetensinya STMIK AKAKOM berusaha memberikan kontribusi untuk pengembangan IT baik di level pemerintahan maupun swasta. Bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul STMIK AKAKOM telah menyukseskan kegiatan e-ktp dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta merealisasikan e-health dengan Dinas kesehatan Kabupaten Bantul. “Saat ini kami sedang memagangkan lebih dari 200 mahasiswa di berbagai sektor pemerintahan Kabupaten Bantul seperti BKAD, Bappeda, KPDT, Dinas Perhubungan, BPBD dan Dinas Perikanan dan Kelautan Propinsi DIY” tutur Kiki.

Di sektor non pemerintahan, mahasiswa peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL) STMIK AKAKOM yang di harapkan mendapatkan pengalaman kerja kongkrit, dimagangkan di beberapa partner Industri diantaranya PT. Imajiku Web Developer dan Intersolusi Cipta Softindo yang fokus dibidang IT. Terkait peran serta STMIK AKAKOM dalam memberikan kontribusi terhadap pembangunan dibidang teknologi di berbagai sektor pemerintahan dan swasta, Indra Yatini, Kepala Humas dan Admisi mengungkapkan kesediaan Institusinya menjadi partner bagi sektor – sektor lain selama berkesesuaian dengan kompetensi STMIK AKAKOM.

Banjir Prestasi Mahasiswa

Di bawah asuhan Kiki, bisa dibilang STMIK AKAKOM kebanjiran prestasi mahasiswa. Bukan tanpa alasan sebut saja aplikasi karya komunitas Rack Spira bertajuk “Rack Spira and The Dagger of Fire” dan Sundanese Traditional Dance berhasil meraih juara 1 dalam kompetisi tingkat Nasional, Hifest 2014 di UIN Jakarta. Rack spira yang tahun lalu pernah menjadi Ikon Jogja dalam invesda Expo Provinsi DIY tersebut mengaku bangga mendapat dukungan nyata dari kampus khususnya Puket III. Maret lalu, di tempat yang berbeda STMIK AKAKOM menempatkan wakilnya sebagai Finalis lomba perancangan perangkat lunak di UKSW Salatiga.

 

Hasil padu padan pemrograman dan animasi kreasi mahasiswa STMIK AKAKOM itulah yang akhirnya mendorong terbentuknya Akakom Dev Center, sebuah wadah developer – developer STMIK AKAKOM yang dilaunching beberapa waktu lalu. Menurut Kiki, Akakom Dev Center ini di rencanakan sebagai media riset mahasiswa , dosen atau kolaborasi keduanya yang mengarah pada unit usaha.

 

STMIK AKAKOM juga patut berbangga atas hibah Penelitian Doktoral, Penelitian Hibah Bersaing serta Program Kreatifitas Mahasiswa yang di dapat di awal tahun 2014.

Sedangkan dari bidang Olah raga, Tim futsal STMIK AKAKOM telah menunjukkan kemampuan sebagai tim yang solid dan bermental Juara. Hal ini ditunjukkan dengan dijuarainya event – event bergengsi yang baru saja berlalu AP Futsal Cup di UNY dengan Trophy Gubernur DIY dan Juara I Java Cup di UGM. Tim futsal STMIK AKAKOM bahkan mewakili wilayah Jawa-Bali untuk berkompetisi pada kejuaraan Nasional di Jakarta.

Kombinasi Sempurna untuk Momen Istimewa

Menyemarakkan Ulang tahunnya yang ke-35, Berbagai kegiatan bernuansa religius, ilmiah, sosial dan seni budaya digelar.EventAKAKOM Fun bike 2014 terselenggara sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) STMIK AKAKOM. Event yang digelar sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat tersebut terlaksana sukses 22 Juni 2014 lalu dengan 1000 peserta. Menggandeng sejumlah partner seperti Padi Advertising, BNI, SG Comp dan Suzuki Medan Jaya STMIK AKAKOM berbagi ratusan doorprize dengan grandprize 2 Motor Suzuki Type Nex.

Dari kegiatan kemahasiswaan, Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika melaksanakan demo dan seminar bertajuk "Mobile-App Backend With Azzure Mobile Service"dengan Pembicara Erick Kurniawan, M.Kom,MCTS,MCPD,MCT. Selain itu Unit Kegiatan Mahasiswa Informatika dan Komputer melangsungkan “Workshop porting Fest Seminar Blackberry Platform”. Kedua event tentang mobile app tersebut di gelar di bulan Juni 2014. Sedangkan Mapala Wamadika akan menggelar aksi Jelajah Sulawesi.

Kegiatan bernuansa Religius diantaranya Misa, Ziarah ke Makam Pendiri dan Perintis STMIK AKAKOM, Kenduri dan Do’a bersama, Pengajian, tahlil serta Mujahadah, dalam pelaksanaannya melibatkan seluruh unsur civitas akademika dan masyarakat sekitar. Masih dalam rangka Dies Natalis ke 35 , Setelah Pidato Dies tanggal 30 Juni 2014 STMIK AKAKOM akan menggelar Seminar Riset Teknologi Informsi (SRITI) serta kegiatan bernuansa seni budaya yakni Pagelaran Wayang Agustus mendatang.