Berita

Sahril, Mahasiswa STMIK Akakom, Lolos ke Singapore dalam Ajang National Bootcamp Indonesia Next 2018 Telkomsel

5 tahun yang lalu

Sahril mahasiswa jurusan Teknik Informatika angkatan tahun ajaran 2016 kembali mengharumkan nama STMIK AKAKOM dengan mengikuti kegiatan National Bootcamp Indonesia Next 2018 berlokasi di Jakarta dan diselenggarakan pada tanggal 10 - 15 Februari. National Bootcamp Indonesia Next 2018 merupakan program yang diprakarsai oleh Telkomsel, dimana seleksi awal  dilakasanakan di 8 kota besar terdiri dari Bogor, Padang, Lampung, Bandung, Makasar, Pontianak, Semarang dan Malang dengan total peserta seluruh Indonesia sekitar 17000 mahasiswa. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia dalam menghadapi persaingan global.

Indonesia Next 2018 memiliki tahap seleksi yang cukup panjang, Sebelum terpilih menjadi salah satu dari 32 peserta untuk mengikuti kegiatan National Bootcamp peserta akan melewati seleksi tahap pertama pada tingkat Regional Yogyakarta diikuti tahap selanjutnya untuk se- Jawa Tengah dengan lokasi seleksi berada di UNDIP Semarang yang diharuskan melakukan pelatihan sesuai dengan minat yang dimiliki. Menuju tahap seleksi selanjutnya yaitu data prosesing spesialis Microsoft Excel yang pada akhirnya menyisakan total 32 peserta terbaik dari seluruh Indonesia untuk mengikuti kegitan Nasional Bootcamp 2018.

Pada tanggal 10 Februari 2019 kegiatan National Bootcamp diawali dengan pengenalan tentang TCASH, Bootcamp, dan diikuti beberapa materi yang dilaksanakan dari pukul 14.00 sampai dengan pukul 22.00 WIB. Pada hari kedua terdapat kegiatan berkeliling kantor Telkomsel, serta adanya materi tentang FGD English Session Writing and Conversation dengan pemateri bernama Donny Salulung. Puncak kegiatan National Bootcamp dilaksanakan pada hari ke-3 tepatnya pada tanggal 12 Februari 2019 setiap finalis menyampaikan gagasan / ide di depan para juri yang berasal dari internal maupun eksternal Telkomsel. Gagasan yang disampaikan oleh beliau berupa Telkomsel Fish Miner dimana ide ini bertujuan untuk membantu para nelayan budidaya , bagaimana cara membudidaya ikan dengan baik ,kemudahan pendistribusian, transparansi dalam penjualan ikan, serta memberikan modal untuk para nelayan dalam membudidayakan ikan.

Pada hari ke-4 peserta National Bootcamp pergi menuju kota Malang , untuk tour Kota Malang, dan berkunjung ke tempat wisata yang berada di Malang, dan berakhir pada hari ke-5 yaitu pada tanggal 14 Februari 2019  berupa penutupan dan semua peserta dipulangkan pada tanggal 15 Februari 2019. Pada bulan April 2019  beliau besertapeserta kegiatan National Bootcamp sebanyak 22 orang  akan diberangkatkan ke Singapura dan pemenang 10 besar diberangkatkan ke Jepang dengan semua biaya dibayarkan oleh pihak Telkomsel.

Kesan dan pesan yang di sampaikan “kegiatan ini merupakan best experience my journey dimana saya bisa mendapatkan relasi dan pengalaman yang luar biasa serta mengorganisir sebuah team work atau organisasi , dan semoga bukan hanya saya saja yang dapat mengikuti kegiatan ini melainkan mahasiswa yang lain khususnya angkatan 2017 , 2018 untuk dapat mengikuti kegiatan kampus diluar karena tidak hanya hardskill yang akan didapatkan melainkan softkill”, kata Sahril.

 

 


Berita Lainnya

Sukses Besar, Radio Smart 102.1 FM Yogyakarta Gelar 'Smart Healthy' di UTDI
Sukses Besar, Radio Smart 102.1 FM Yogyakarta Gelar 'Smart Healthy' di UTDI

11 hari yang lalu

YOGYAKARTA – Radio Smart 102.1 FM Yogyakarta telah sukses menyelenggarakan acara bertajuk "Smart Healthy" yang mengusung tema “Sadar Menjaga Reproduksi Sehat”. Acara ...

Selengkapnya
UTDI Resmi Kerjasama Dengan PT Siber Sekuriti Indonesia
UTDI Resmi Kerjasama Dengan PT Siber Sekuriti Indonesia

15 hari yang lalu

YOGYAKARTA - Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) yang dahulu Bernama STMIK AKAKOM dan sekarang menjadi UTDI mulai tahun 2021 kini resmi ...

Selengkapnya
UTDI Gelar Pelatihan Komputer untuk Guru PAUD
UTDI Gelar Pelatihan Komputer untuk Guru PAUD

satu bulan yang lalu

YOGYAKARTA – Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) kembali menunjukkan komitmennya dalam pengabdian masyarakat dengan menyelenggarakan kegiatan pelatihan komputer untuk guru PAUD. ...

Selengkapnya