Berita

UTDI Kembangkan Kerjasama Dengan BRIN

satu bulan yang lalu

YOGYAKARTA – Untuk meningkatkan kualitas riset dan inovasi dosen UTDI dalam lingkup yang lebih luas, universitas ternama berbasis teknologi digital di Yogyakarta tersebut telah mengembangkan kerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional Jakarta. Ini merupakan perluasan kerjasama antara STMIK AKAKOM dengan LIPI yang telah dirintis sejak tahun 2014.

Saat ini terdapat tujuh organisasi riset (OR) yang berada dibawah kordinasi BRIN, yaitu OR Tenaga Nuklir, OR Penerbangan dan Antariksa, OR Pengkajian dan Penerapan Teknologi, OR Ilmu Pengetahuan Hayati, OR Ilmu Pengetahuan Kebumian, OR Ilmu Pengetahuan Teknik dan OR Ilmu Pengetahuan Sosial Humaniora.

Kunjungan UTDI ke BRIN dipimpin langsung oleh Ir Teguh Wijono Budi Prasetijo MM (Ketua Yayasan Pendidikan Widya Bakti) bersama Ir Totok Suprawoto MM MT (Rektor UTDI) yang didampingi oleh Dison Librado SE MKom (Wakil Rektor IV), serta Sri Redjeki MKom Cand Doctor (dosen UTDI) pada Senin (18/7). Kunjungan diterima langsung oleh Kepala BRIN Dr Laksana Tri Handoko MSc yang didampingi deputi bidang Sumber Daya dan Iptek, bagian Kerjasama dan Sekretariat.

Rektor UTDI Totok Suprawoto menyampaikan Ruang lingkup MoU (Nota Kesepahaman) antara UTDI dengan BRIN meliputi bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh para pihak. “Dengan adanya MoU ini bisa memayungi kerjasama dengan organisasi riset dibawah BRIN, sehingga bisa memotivasi dosen untuk berkolaborasi dengan periset dari BRIN yang telah memiliki sudah reputasi internasional,” ungkap Totok.

Ketua Yayasan Pendidikan Widya Bakti Yogyakarta, Teguh Wijono Budi Prasetijo menyampaikan kunjungan ke BRIN tersebut dalam rangka silaturahmi dan audiensi dalam rangka Dies Natalis Ke-43 UTDI sekaligus memantapkan kembali kerja sama yang selama ini telah terjalin. “Dengan adanya kolaborasi UTDI dengan BRIN ini diharapkan akan terus bermunculan produk-produk riset yang semakin berkualitas dengan dukungan sumber daya yang memadai dari kedua belah pihak,” tegas Teguh.

Pada kesempatan tersebut Kepala BRIN LT Handoko menyampaikan bahwa BRIN siap bekerja sama dengan semua pihak termasuk dengan UTDI. Dan sambil bergurau Handoko menyampaikan bahwa BRIN dan UTDI memiliki kemiripan terkait perubahan bentuk. Kalau UTDI berubah bentuk dari sekolah tinggi menjadi universitas, sedang BRIN perubahan bentuk dengan penggabungan dari sejumlah organisasi riset nasional yang diintegrasikan menjadi satu,” tutupnya.


Sumber : krjogja.com



Berita Lainnya

Mahasiswa UTDI Cetak Prestasi di Program MBKM Studi Independen Bersertifikat (SIB)
Mahasiswa UTDI Cetak Prestasi di Program MBKM Studi Independen Bersertifikat (SIB)

26 hari yang lalu

Azzahra Novitri Wulandari, mahasiswa jurusan Informatika di Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) di Yogyakarta, yang dulunya merupakan murid SMK jurusan ...

Selengkapnya
Informasi Perkuliahan Semester Ganjil 2022/2023
Informasi Perkuliahan Semester Ganjil 2022/2023

27 hari yang lalu

1 Pengisian Rencana Studi 1.1 Syarat: (untuk Mahasiswa) Membayar SPP Tetap/UKT Sem. Ganjil 2022/2023 untuk mahasiswa regular. Untuk mahasiswa kelas karyawan membayar ...

Selengkapnya
Media Digital untuk Menyalurkan Talenta Generasi Muda, UTDI dan SMAN 2 Yogyakarta Tandatangani Kerjasama
Media Digital untuk Menyalurkan Talenta Generasi Muda, UTDI dan SMAN 2 Yogyakarta Tandatangani Kerjasama

28 hari yang lalu

Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI), perguruan tinggi berbasis Teknologi Digital sebagai pengembangan bentuk dari STMIK Akakom Yogyakarta melakukan kolaborasi dengan ...

Selengkapnya