Berita

Dari Bimbingan UTDI, Tim SMA 6 Yogya Berhasil Sabet Perak ISIF

2 bulan yang lalu

YOGYAKARTA Dosen Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) yang dahulu bernama STMIK Akakom, bernama Totok Budioko, S.T., M.T. telah membimbing Tim SMA Negeri 6 Yogyakarta meraih prestasi event International Science and Invention Fair (ISIF) 2022 pada 12 Oktober-5 November 2022. Acara ini menjadi event internasional tahunan bergengsi yang digelar Indonesia Young Scientist Association (IYSA) dan diikuti 614 tim dari 32 negara di dunia.

 

Awalnya, Niwang Sukma Sangnada Dewi selaku ketua tim membentuk kelompok bersama Richie Fuyumi Basyarahil Rosihin, Muhammad Muscat Ramadhani, Amanda Rafida Al-Azizah dan Ibrahim Hanif Roland. Mereka dibimbing Abdul Rahman S. Kom. guru informatika di SMA Negeri 6 Yogyakarta. Karyanya berjudul "Automatic Motorcycle Turn Off."

Niwang Sukma menjelaskan, saat itu tim masih samar-samar dengan produk yang ingin dikembangkan. "Kemudian kami dipertemukan kepada Totok Budioko S.T., M.T. seorang dosen di Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI)," sebut Niwang Sukma, saat berjumpa Ketua Yayasan Pendidikan Widya Bakti Yogyakarta Ir Teguh Wijono BP MM di kampus UTDI, Selasa (22/11).


Ia menjabarkan, penelitian itu berawal dari ide siswa-siswi SMAN 6 yang dikembangkan bersama kedua pembimbingnya hingga tercipta alat tersebut. "Alat itu memiliki fungsi untuk mematikan secara otomatis lampu Sein kendaraan ketika lupa mematikan saat berkendara," sebutnya.

Sepanjang proses kompetisi, keluh kesah mereka maknai sebagai pembelajaran baru. "Semua dilalui dengan semangat dan ketekunan," ungkap Niwang Sukma.

Misalnya, alat sudah jadi dan siap untuk presentasi, namun tiba-tiba terjadi kendala hingga tidak bisa dijalankan dengan semestinya. Mereka tetap harus melanjutkan presentasi dan bisa menjalankan dengan lancar walau alat tidak sepenuhnya dapat dijalankan. Selain itu juga tetap dapat menjawab pertanyaan dari juri dengan semua pengetahuan yang mereka punya.

"Akhirnya, kami berhasil meraih medali perak dengan segala usaha, bimbingan dan dukungan dari semua pihak dari awal hingga akhir pengumuman pemenang," pungkasnya.

 


Berita Lainnya

UTDI Gelar Seminar Internasional, Peserta dari 16 Negara Turut Serta
UTDI Gelar Seminar Internasional, Peserta dari 16 Negara Turut Serta

satu bulan yang lalu

Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) yang dahulu bernama STMIK Akakom telah menyelenggarakan the 5th International Seminar on Research of Information ...

Selengkapnya
Kalender
Kalender

satu bulan yang lalu

Mari bersiap untuk tahun 2023 yang lebih baik untuk aku, kamu, dan kita semua :)

Selengkapnya
Dari Bimbingan UTDI, Tim SMA 6 Yogya Berhasil Sabet Perak ISIF
Dari Bimbingan UTDI, Tim SMA 6 Yogya Berhasil Sabet Perak ISIF

2 bulan yang lalu

YOGYAKARTA – Dosen Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) yang dahulu bernama STMIK Akakom, bernama Totok Budioko, S.T., M.T. telah ...

Selengkapnya