Berita

114 Mahasiswa UTDI Diwisuda, Rektor Imbau Tingkatkan Skill

11 bulan yang lalu

Sebanyak 114 mahasiswa Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) diwisuda. Seluruhnya adalah mahasiswa sarjana dan pasca sarjana. Prosesi wisuda ini berlangsung secara luring dan disaksikan langsung oleh orang tua maupun wali mahasiswa.

Ketua Panitia Wisuda UTDI Ariesta Damayanti mengatakan wisuda kali ini tidak lagi dilakukan secara online atau hybrid. Pertunjukan seni dari mulai tari, paduan suara, hingga persembahan music dari para wisudawan kini ditampilkan Kembali. “ Kalau dulu karena terbatas pergerakan dan waktu untuk entertain kami minimalisir. Kami upayakan itu ada entertain yang berbeda,” jelasnya saat ditemui di Gedung Bale Lantip UTDI, Sabtu (13/5).

Ariesta mengatakan lulusan UTDI sudah siap memasuki dunia kerja. Bahkan, beberapa siswa sudah siap bekerja sebelum lulus. Ini karena UTDI menawarkan lebih dari sekedar ketrampilan kognitif dan peningkatan kemampuan.

Selama pembelajaran, UTDI juga memberikan soft skill yang akan membantu mahasiswa memasuki dunia kerja. Berupa bekal kepemimpinan dan pengalaman yang lain bagi mahasiswa. “Kami juga memberikan pembekalan dari sisi kompetensi maupun kehalian yang lain karena UTDI bidangnya informatika dan digital, sehingga harapannya bisa memberikan bekal untuk mereka nanti di dunia kerja,” katanya.

Rektor UTDI Totok Suprawoto mengaku bangga. 37 siswa lulus dengan predikat cumlaude. Wisuda bukanlah langkah terakhir, melainkan pintu masuk mahasiswa untuk terjun ke dunia pekerjaan. “Tentunya kami berharap kalian semua tetap bekerja keras, mengasah kemampuan, meningkatkan keterampilan dalam menghadapi era yang demikian ketat persaingannya,” ujar Totok.

Ia menambahkan, UTDI berkomitmen terhadap lulusan yang siap kerja. Salah satunya adalah program Campus Hiring. Merupakan kerjasama antara UTDI dengan mitra untuk merekrut SDM yang telah lulus UTDI. Mahasiswa yang memenuhi syarat bisa mendapatkan pekerjaan bahkan sebelum lulus. Program ini dilaksanakan dalam beberapa semester  tahun ini. Dari 8 perusahaan dalam proses rekrutmen atau rekrutmen kampus.

Totok berharap mahasiswa UTDI tak lantas berpangku tangan. Meskipun bidang teknologi informasi dinilai memiliki prospek  yang baik ke depan, namun tetap saja tidak lepas dari berbagai  tantangan. Menurutnya, beberapa tantangan  seperti kompleksitas dan kecerdasan buatan Chat GPT semakin berkembang setiap harinya. Oleh karena itu, siswa senantiasa dituntut untuk  meningkatkan keterampilan dan pengetahuannya.

“Tidak hanya Chat GPT yang saat ini sedang tren di bidang pendidikan. Namun, sebagian pekerjaan-pekerjaan bisa diautomasi dan sifatnya rutinitas sekarang sudah bisa digantikan oleh robot yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan. Oleh karena itu kalian semua sebagai alumni di bidang teknologi informasi perkenbangannya saat ini begitu pesat, cepat, dan masif. Saya berharap kalian harus terus menggali, mengasah, dan meningkatkan keterampilan,” ujarnya. (*/isa/dwi)

Sumber : radarjogja


Berita Lainnya

Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) Turut Mendukung Pagelaran Hadeging Kadipaten Pakualaman 2024
Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) Turut Mendukung Pagelaran Hadeging Kadipaten Pakualaman 2024

17 hari yang lalu

Rektor Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI), Ibu Sri Redjeki, S.Si., M.Kom., Ph.D., beserta Wakil Rektor, Bapak Totok ...

Selengkapnya
Bupati Bantul Sambut Baik Training Legislatif Dewan Perwakilan Mahasiswa UTDI  Sebagai Proses Pembelajaran Kepemimpinan di Organisasi Kemahasiswaan
Bupati Bantul Sambut Baik Training Legislatif Dewan Perwakilan Mahasiswa UTDI Sebagai Proses Pembelajaran Kepemimpinan di Organisasi Kemahasiswaan

19 hari yang lalu

YOGYAKARTA (23/3/24). Dalam upaya meningkatkan pembelajaran kepemimpinan dan pemahaman mahasiswa tentang sistem pemerintahan, Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Teknologi Digital Indonesia (DPM ...

Selengkapnya
Kerja Sama Antara UTDI dan PT STARLABS GLOBAL TEKNOLOGI
Kerja Sama Antara UTDI dan PT STARLABS GLOBAL TEKNOLOGI

19 hari yang lalu

YOGYAKARTA (23/3/2024) – Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) telah menambah kerjasama dengan mitra dari sektor industri keamanan jaringan melalui penandatanganan Memorandum of ...

Selengkapnya