Berita

Dosen UTDI, Yagus Cahyadi Lulus PhD di National Taipei University of Technology

8 bulan yang lalu

YOGYAKARTA – Dosen Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) yang dahulu bernama STMIK Akakom, Yagus Cahyadi S.T., M.Eng., berhasil menyelesaikan ujian disertasi di National Taipei University of Technology (NTUT) dengan judul “The Study of Irradiation Effect of Silver and Gold Nanocolloid Prepared by Electrical Spark Discharge Method”.

Tujuan dari disertasi tersebut adalah mempelajari perubahan morphologi atau karakteristik dari materi cairan perak dan emas terhadap cahaya lampu dengan intensitas rendah (lampu led). Materi cairan perak dan emas dibuat menggunakan metode ESDM (Electrical Spark Discharge Method) dengan bahan dasar perak, emas dan air dan menggunakan tegangan listrik (spark) untuk melebur materi tersebut. "Kontribusi dari disertasi ini adalah untuk mempelajari perubahan morphologi materi cairan perak dan emas yang dibuat tanpa menggunakan zat kimia," jelasnya.

Ujian disertasi sudah dilaksanakan di Kampus NTUT Taiwan pada 22 Juli 2023, dengan Dosen Pembimbing 1 Kuo-Hsiung Tseng, Dosen Pembimbing 2 CGhaur -Yang Chang dan diuji oleh 7 orang Dosen Penguji yaitu Meng-Yun Chung, Chih-Ju Chou, Chen-Chao Rong, Ho-Chiao Chuang, Long-Sheng Lu, Ching-Yin Lee dan Chi-Shan Yu.

Publikasi Jurnal yang telah dilakukan Yagus Cahyadi diantaranya adalah Implementation of a Micro-Electrical Discharge Machine to Fabricate Nano-TiO2 Colloid, "Mechatronics, Vol. 79, 102649, pp1-12, August 2021, Development of Proportional-Integrative-Derivative (PID) Optimized for the Micro-Electric Discharge Machine Fabrication of Nano-Bismuth Colloid, "Micromachines, Vol. 11, 1065, pp.1-16, Nov. 2020.

Sedangkan Publikasi Konferensi Yagus Cahyadi adalah Photocatalysis Effect of Nano Silver Colloid Prepared by Electrical Spark Discharge Method," the 10th International Multi-Conference on Engineering and Technology Innovation 2021 (IMETI2021), Taoyuan, Taiwan, October 29-November 02, 2021.

Dalam kesempatan tersebut Yagus Cahyadi mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Pendidikan Widya Bakti Yogyakarta dan Universitas Teknologi Digital Indonesia serta semua pihak yang telah mendukung studinya hingga selesai. Dan setelah mendapatkan gelar doktor (PhD) ini dapat segera pulang ke tanah air untuk siap aktif mengabdikan diri kembali sebagai dosen tetap di UTDI dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemajuan Bangsa Indonesia dan UTDI.

Atas keberhasilan ini, Rektor UTDI Totok Suprawoto memberikan apresiasi dan berharap Yagus Cahyadi dapat segera mengaplikasikan ilmu yang telah diperolehnya kepada seluruh sivitas akademika UTDI dan turut berpartisipasi aktif dalam mengakselerasi perkembangan UTDI di masa yang akan datang.

Sedangkan Teguh Wijono Budi Prasetijo, Ketua Yayasan Pendidikan Widya Bakti Yogyakarta bersyukur dan bangga atas selesainya studi salah satu dosen UTDI yaitu Yagus Cahyadi di NTUT Taiwan. "Banyaknya dosen UTDI yang menempuh studi di luar negeri akan memperkaya keragaman ilmu yang dimiliki oleh sumber daya manusia khususnya dosen-dosen UTDI dan Ilmu yang telah dimiliki Yagus Cahyadi pasti akan sangat bermanfaat bagi kemajuan UTDI ke depan," tutup Teguh.

 

Sumber: krjogja


Berita Lainnya

Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) Turut Mendukung Pagelaran Hadeging Kadipaten Pakualaman 2024
Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) Turut Mendukung Pagelaran Hadeging Kadipaten Pakualaman 2024

29 hari yang lalu

Rektor Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI), Ibu Sri Redjeki, S.Si., M.Kom., Ph.D., beserta Wakil Rektor, Bapak Totok ...

Selengkapnya
Bupati Bantul Sambut Baik Training Legislatif Dewan Perwakilan Mahasiswa UTDI  Sebagai Proses Pembelajaran Kepemimpinan di Organisasi Kemahasiswaan
Bupati Bantul Sambut Baik Training Legislatif Dewan Perwakilan Mahasiswa UTDI Sebagai Proses Pembelajaran Kepemimpinan di Organisasi Kemahasiswaan

satu bulan yang lalu

YOGYAKARTA (23/3/24). Dalam upaya meningkatkan pembelajaran kepemimpinan dan pemahaman mahasiswa tentang sistem pemerintahan, Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Teknologi Digital Indonesia (DPM ...

Selengkapnya
Kerja Sama Antara UTDI dan PT STARLABS GLOBAL TEKNOLOGI
Kerja Sama Antara UTDI dan PT STARLABS GLOBAL TEKNOLOGI

satu bulan yang lalu

YOGYAKARTA (23/3/2024) – Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) telah menambah kerjasama dengan mitra dari sektor industri keamanan jaringan melalui penandatanganan Memorandum of ...

Selengkapnya