Berita

Didampingi UTDI, SMA N 2 Bantul Gelar Panen Karya P5 Berbasis IoT

5 bulan yang lalu

YOGYAKARTA - SMAN 2 Bantul menggelar kegiatan Gelar Seni dan Panen Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka implementasi kurikulum Merdeka yang mengusung tema "Membangun generasi peduli dan peka waktu". Dilaksanakan selama dua hari mulai Selasa (31 Oktober 2023) di Aula Ir. Soekarno SMA N 2 Bantul. 

Panen karya ini menampilkan karya-karya dari siswa kelas X dan XI. Khusus kelas XI mengangkat topik “Rekayasa Teknologi untuk NKRI” yang difokuskan pada implementasi Internet of Things (IoT) dalam kehidupan sehari-hari.

Terdapat 18 poster, 24 infografis dan 9 film pendek  hasil karya siswa kelas X serta 48 karya/prototipe sederhana yang berbasis IoT hasil karya siswa kelas XI. Dalam pembuatan prototipe ini digunakan berbagai sensor, antara lain sensor suhu, sensor kelembaban, sensor suara, sensor hujan, sensor asap dan sensor lainnya.

Beberapa hasil karya siswa kelas XI diantaranya seperti: Jemuran Otomatis yang akan bergeser jika cuaca mendung atau hujan, Penyiram Tanaman Otomatis yang dapat diatur secara otomatis sesuai kelembaban tanah, Pengatur Lampu Otomatis, Pendeteksi Kebakaran Otomatis, Pendeteksi Gempa, Pendeteksi PH Air Untuk Kolam Ikan, Pendeteksi Banjir, Pendeteksi Detak Jantung, dan masih banyak lainnya.

Isti Fatimah selaku Kepala SMAN 2 Bantul mengucapkan terima kasih dan apresiasi dalam sambutan saat pembukaan acara ini atas pendampingan serta pelatihan yang telah dilakukan oleh Tim Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) selama kurang lebih 2 pekan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Tim UTDI yang telah bekerjasama dengan SMA N 2 Bantul dalam projek anak-anak kami kelas XI, sehingga anak-anak kami memiliki ide, merangkai dan membuat alat-alat sederhana untuk memecahkan permasalahan sehari-hari yang berbasis IoT,” ungkap Isti Fatimah.

Pendampingan dan pelatihan ini merupakan salah satu bentuk implementasi kerja sama antara UTDI dengan SMA N 2 Bantul yang dilakukan secara kolaboratif antara Bagian Humas, Kerjasama, Admisi dan Pemasaran UTDI serta Prodi D3 Teknologi Komputer FTI UTDI.

Dosen yang ikut mendampingi adalah Totok Budioko, Adiyuda Prayitna, Yudhi Kusnanto, Kuindra Iriyanta, Ariesta Damayanti, Adi Kusjani dan Ilham Rais Arvianto, dibantu beberapa mahasiswa sebagai asisten.

Acara gelar seni dan panen karya ini dibuka secara resmi oleh Wakil Kepala Disdikpora DIY, Suhirman. Yang turut dihadiri Ketua Yayasan Pendidikan Widya Bakti Yogyakarta Teguh Wijono Budi Prasetijo dan Wakil Rektor 4 UTDI Dison Librado.

 

Sumber: krjogja.com


Berita Lainnya

Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) Turut Mendukung Pagelaran Hadeging Kadipaten Pakualaman 2024
Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) Turut Mendukung Pagelaran Hadeging Kadipaten Pakualaman 2024

29 hari yang lalu

Rektor Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI), Ibu Sri Redjeki, S.Si., M.Kom., Ph.D., beserta Wakil Rektor, Bapak Totok ...

Selengkapnya
Bupati Bantul Sambut Baik Training Legislatif Dewan Perwakilan Mahasiswa UTDI  Sebagai Proses Pembelajaran Kepemimpinan di Organisasi Kemahasiswaan
Bupati Bantul Sambut Baik Training Legislatif Dewan Perwakilan Mahasiswa UTDI Sebagai Proses Pembelajaran Kepemimpinan di Organisasi Kemahasiswaan

satu bulan yang lalu

YOGYAKARTA (23/3/24). Dalam upaya meningkatkan pembelajaran kepemimpinan dan pemahaman mahasiswa tentang sistem pemerintahan, Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Teknologi Digital Indonesia (DPM ...

Selengkapnya
Kerja Sama Antara UTDI dan PT STARLABS GLOBAL TEKNOLOGI
Kerja Sama Antara UTDI dan PT STARLABS GLOBAL TEKNOLOGI

satu bulan yang lalu

YOGYAKARTA (23/3/2024) – Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) telah menambah kerjasama dengan mitra dari sektor industri keamanan jaringan melalui penandatanganan Memorandum of ...

Selengkapnya