Berita

Mahasiswa Informatika UTDI Berkontribusi di 2 Desa Melalui KKN MBKM

2 bulan yang lalu

YOGYAKARTA- Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dari hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahun 2023 untuk prodi Informatika dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari program studi Informatika UTDI yang  dilaksanakan di dua desa berbeda, yaitu Desa Petir, Rongkop, Gunung Kidul dan Desa Mangunan, Dlingo, Bantul.

KKN MBKM ini di mulai dari bulan Agustus sampai Desember 2023. Dalam kegiatan ini mahasiswa diwajibkan untuk membuat log activity yang mencatat setiap kegiatan yang mereka lakukan di desa. Log activity ini nantinya akan menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan pengakuan kredit sebanyak 20 SKS dari kegiatan KKN MBKM ini.

Kegiatan KKN MBKM ini tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa, tetapi juga bagi masyarakat desa setempat. Mahasiswa Informatika UTDI berkontribusi memberikan solusi yang nyata dari berbagai permasalahan yang ada di desa, terutama yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi digital. 

Lokasi pertama, Desa Petir yang berada di wilayah Rongkop, Gunung Kidul. Desa ini memiliki potensi di bidang pertanian dan UMKM, namun masih membutuhkan bantuan dalam hal penguasaan teknologi digital. Oleh karena itu, mahasiswa Informatika UTDI, melakukan beberapa kegiatan, seperti pelatihan aplikasi Microsoft Office untuk para pemuda dan pemudi di desa tersebut yang berguna untuk keperluan administrasi, akuntansi, dan presentasi. Selanjutnya, sosialisasi terkait pentingnya media sosial untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan omzet penjualan produk mereka. Yang tak kalah penting, pendampingan UMKM untuk mendapatkan ijin usaha dari pemerintah dan juga sertifikasi halal.