Berita

Digital Skill, Kuliah atau Cukup Bootcamp?

satu bulan yang lalu



Dewasa ini marak sekali kita jumpai berbagai platform edukasi yang menawarkan digital bootcamp. Varian harga yang ditawarkan cukup beragam, tergantung materi yang diangkat. Tema yang ditawarkan tentunya juga beragam dan bergerak mengikuti perkembangan dunia IT, baik membahas satu aspek tertentu secara spesifik maupun step by step untuk menjalani profesi di bidang IT. Lantas, apakah kita masih perlu kuliah?


Sebagaimana yang kita ketahui bersama, skill yang diperlukan untuk menjalani profesi di bidang IT ini memerlukan ketelitian dan kemampuan yang mumpuni. Hal ini tentunya tidak hanya bisa diperoleh melalui proses membaca teori semata, tetapi juga melalui proses belajar dan berlatih yang cukup lama. Untuk itu, penting bagi kita untuk menentukan apa langkah yang akan diambil jika ke depannya jika berkeinginan untuk berkecimpung di dunia IT. Memilih perguruan tinggi yang baik dan memiliki sepak terjang yang bagus dalam bidang IT tentunya merupakan prioritas utama. Mengingat perkuliahan bukan hanya sebagai sarana kita menggali potensi diri lebih dalam tapi juga dengan ijazah yang kita dapatkan akan berguna terhadap syarat yang di tentukan oleh berbagai instansi atau perusahaan di mana kita akan berkarir nantinya.


Persaingan kerja di dunia IT di masa kini sangatlah ketat mengingat syarat yang diminta oleh perusahaan makin beragam. Para pencari kerja berlomba-lomba unjuk diri dan keahlian mereka agar dilirik oleh perusahaan. Tentunya modal ijazah saja belum tentu bisa meyakinkan perekrut. Oleh karena itu, mahasiswa kini harus memperkaya wawasan dan melatih skill mereka di kampus sehingga mampu menyesuaikan dengan minat profesi yang diinginkan. Jika memang diperlukan, mahasiswa bisa mengikuti workshop maupun bootcamp yang sesuai dengan minatnya sehingga skill mereka akan bertambah. maka, jika mahasiswa tekun belajar di kampus dan mendalami minat mereka melalui workshop maupun bootcamp, kemampuan mereka dapat dibuktikan melalui ijazah atau certificate yang dimiliki. Hal ini tentunya akan memiliki nilai plus tersendiri di masa depan.


Di sisi lain, persaingan dalam industri khususnya di bidang IT makin ketat pula. Sekarang hampir seluruh sektor industri maupun bidang usaha sudah banyak menggunakan teknologi guna melakukan efisiensi kerja untuk meningkatkan nilai produksinya. Oleh karena itu, keikutsertaan dalam bootcamp bagi seorang profesional tetap diperlukan untuk meningkatkan kapabilitas diri, kemampuan digitalnya, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi agar tidak tergerus zaman.


Dalam hal pendidikan, sesungguhnya tidak ada hal yang sia-sia. Namun tentu saja kita perlu tetap memahami apa prioritas kita. Adanya workshop maupun bootcamp memang bisa menjadi pintu masuk kita ke dunia IT. Namun kita juga harus tahu untuk memahami dunia IT secara menyeluruh tentunya perlu memahami dasar-dasar keilmuannya melalui pembelajaran di bangku perguruan tinggi. Mungkin masih banyak yang belum memiliki kesempatan untuk kuliah sehingga jika punya kesempatan kuliah pergunakan kesempatan itu sebaik mungkin karena tentunya kita paham bahwa di masa kini hampir segala sesuatu hal sudah begantung pada teknologi. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk berkuliah di bidang teknologi.

 



Nama : Cucut Hariz Pratomo
Lulus S2 : 2021 Teknologi Informasi dari Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI /Dahulu STMIK Akakom)
Lulus S1 : 2018 Informatika dari Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI /Dahulu STMIK Akakom)
Bekerja: Dosen Universitas Muhammadiyah Karanganyar sejak 2021



Berita Lainnya

UTDI Gelar Pelatihan Komputer untuk Guru PAUD
UTDI Gelar Pelatihan Komputer untuk Guru PAUD

7 hari yang lalu

YOGYAKARTA – Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) kembali menunjukkan komitmennya dalam pengabdian masyarakat dengan menyelenggarakan kegiatan pelatihan komputer untuk guru PAUD. ...

Selengkapnya
Kolaborasi Apik UTDI dan FPT Software Melalui Penandatanganan MoU dan MoA
Kolaborasi Apik UTDI dan FPT Software Melalui Penandatanganan MoU dan MoA

29 hari yang lalu

UTDI dan FPT Software Indonesia telah menjalin kerjasama dan kolaborasi melalui penandatanganan  Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of ...

Selengkapnya
Biro SDM Polda DIY Gelar Tes Kompetensi Keahlian SIPSS T.A 2024 di UTDI
Biro SDM Polda DIY Gelar Tes Kompetensi Keahlian SIPSS T.A 2024 di UTDI

satu bulan yang lalu

Yogyakarta - Biro SDM Polda DIY menggelar Tes Kompetensi Keahlian dalam rangka seleksi Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) T....

Selengkapnya